November 21, 2012

UTS PJJ


Nama : Dody Faizal Priadana
Jurusan : D4 Kewirausahaan SBM ITB



Soal – 1
Terdapat 2 model Pendidikan Tatap Muka dan Pendidikan Jarak Jauh. Tentukan Kedua model tersebut memiliki beberapa perbedaan.
Jelasan perbedaannya dari sisi :
1. Pengajar
2. Peserta Didik
3. Media pembelajaran yang digunakan.
Jawab :
Sisi Pengajar
Tatap Muka
Pendidikan Jarak Jauh
1. Guru/dosen harus datang ke sekolah/kampus/ruang kelas untuk memberikan materi pembelajaran.

2. Materi pembelajaran/modul yang diberikan oleh guru/dosen berupa media alat cetak, kaset dan cd.

3. Waktu untuk mengajar/memberikan materi sudah ditentukan dengan tempat yang sudah ditentukan juga.
4. Guru/dosen hanya menerima pertanyaan dari para siswa/mahasiswa ketika dia sedang mengajar di kelas. Melalui media tatap muka langsung.
1. Guru/dosen tidak selalu datang ke sekolah/kampus/ruang kelas untuk memberikan materi pembelajaran. Karena dapat memberikan materi tersebut melalui media internet, e-mail, blog, web site, hp, sms dan lain-lain.

2. Meteri yang diberikan bervariasi seperti, modul bahan-bahan ajar yang di kemas secara digital seperti pdf, ms.word, exel, powerpoint, video, suara, posting pada (blog,web site dan media jejaring sosial).
3. Guru/dosen dapat memberikan materi kapan saja dan di manapun mereka berada sesuai kesepakan yang disetujui antara guru/dosen dengan siswa/mahasiswanya.
4. Guru/dosen dapat menerima pertanyaan dari para siswa/mahasiswanya tanpa dibatasi oleh waktu dan ruang. Dan menggunakan berbagai media yang ada seperti, sms, telepon, e-mail, posting pada blog atau web site, melalui forum jejaring sosia dan lain-lain.



Sisi Peserta Didik
Tatap Muka
Pendidikan Jarak Jauh
1. Siswa/mahasiswa harus datang ke sekolah/kampus/ruang kelas untuk mendapatkan materi pembelajaran dari guru/dosennya.

2. Materi pembelajaran/modul yang diperoleh oleh siswa/mahasiswa berupa buku sumber, kaset, dan cd.

3. Waktu untuk siswa/mahasiswa  belajar dan mendapatkan materi pembelajaran di sekolah atau kampus sudah ditentukan tempat dan waktunya. Dalam hal ini sudah terjadwal.

4. Siswa/mahasiswa hanya dapat bertanya kepada guru/dosennya ketika beliau sedang mengajar di kelas. Melalui media tatap muka langsung.
5. Jumlah daya tampung siswa/mahasiswa per kelasnya terbatas.
1. Siswa/mahasiswa tidak selalu datang ke sekolah/kampus/ruang kelas untuk mendapatkan materi pembelajaran. Karena mereka dapat belajar di manapun dan kapan pun. Tidak dibatasi oleh ruang dan waktu.

2. Meteri pembelajaran yang diterima para siswa/mahasiswa bervariasi seperti, modul bahan-bahan ajar yang di kemas secara digital seperti pdf, ms.word, exel, powerpoint, video, lifestraeming, suara, posting pada (blog,web site dan media jejaring sosial).

3. Siswa/mahasiswa dapat belajar dan mendapatkan materi kapan pun dan di manapun mereka berada  sesuai kesepakan yang disetujui antara guru/dosen dengan siswa/mahasiswanya. Dalam hal ini lebih flexibel.
4. Siswa/mahasiswa dapat bertanyan kepada guru/dosenya tanpa dibatasi oleh waktu dan ruang dan sesuai dengan kesepakan yang disetujui. Dan menggunakan berbagai media seperti, sms, telepon, e-mail, posting pada blog atau web site, melalui forum jejaring sosia dan lain-lain.
5. Jumlah daya tampung siswa/mahasiswa per kelasnya tidak terbatas selama guru/dosen sanggup untuk meberikan pembelajaran kepada mereka.








Sisi Media Pembelajaran
Tatap Muka
Pendidikan Jarak Jauh
1. Media pembelajaran yang diberikan berupa kaset, cd, buku sumber, dan tatap muka langsung antara guru/dosen dengan para siswa/mahasiswanya di kelas.

2. Media pembelajaran yang ada kurang menarik, tidak flexibel untuk mengaksesnya.

3. Untuk dapat menyimpan informasi yang diperoleh, siswa/mahasiswa harus mencatat informasi tersebut pada media kertas.

4. Sumber referensi bagi siswa terpaku oleh buku sumber dan guru.
1. Media pembelajaran  yang digunakan bervariasi seperti melaui modul bahan-bahan ajar yang di kemas secara digital seperti pdf, ms.word, exel, powerpoint, video, lifestraeming, suara, posting pada (blog,web site dan media jejaring sosial), tv, radio dan lain-lain.

2. Meteri pembelajaran yang ada menyenangkan, bervariasi seperti video, lifestraeming, suara, posting pada (blog,web site dan media jejaring sosial), tv, radio dan lain-lain. Mendorong para siswa/mahasiswa untuk mengembangkan dirinya sendiri
3. Siswa/mahasiswa dapat menyimpan informasi yang diperolehnya dapat berupa, pdf, ms.word, exel, powerpoint, di posting di blog, web site dan lain sebagainya.
4. Siswa/mahasiswa dapat meperoleh referensi dari berbagai sumber seperti dari internet, blog, web site, forum diskusi online dan sebagainya.



Soal-2
Apa sajakah keriteria yang dibutuhkan dari sebuah media pembelajaran agar dapat memenuhi kebutuhan proses belajar mengajar dalam PJJ ?
Menurut pandangan saya keriteria media pembelajaran yang dapat memenuhi kebutuhan proses belajar mengajar dalam PJJ adalah media pembelajran yang keriteria sebagai berikut :
1. Dapat menghubungkan antara siswa/mahasiswa dengan guru/dosen di manapun mereka berada tanpa dibatasi oleh ruang dan waktu.
2. Media pembelajaran yang menyenangkan dan juga mendidik bagi para siswa/mahasiswa.
3. Memberikan semua informasi yang dibutuhkan oleh baik siswa/mahasiswa maupun guru/dosen.
4. Media pembelajaran yang mewadahi seluruh kebutuhan siswa/mahasiswanya.
5. Media pembelajaran yang dapat membangun karakter siswa/mahasiswanyu untuk bekerja mandiri, bertanggung jawab dengan dirinya sendiri.

0 komentar:

Total Pageviews

Search

Translate

Popular Posts