November 21, 2012
UTS PJJ
Nama : Dody Faizal Priadana
Jurusan : D4 Kewirausahaan SBM ITB
Soal – 1
Terdapat 2 model Pendidikan Tatap Muka dan
Pendidikan Jarak Jauh. Tentukan Kedua model tersebut memiliki beberapa
perbedaan.
Jelasan perbedaannya dari sisi :
1. Pengajar
2. Peserta Didik
3. Media pembelajaran yang digunakan.
Sisi Pengajar
|
|
Tatap Muka
|
Pendidikan
Jarak Jauh
|
1. Guru/dosen
harus datang ke sekolah/kampus/ruang kelas untuk memberikan materi
pembelajaran.
2. Materi
pembelajaran/modul yang diberikan oleh guru/dosen berupa media alat cetak,
kaset dan cd.
3.
Waktu untuk mengajar/memberikan materi sudah ditentukan dengan tempat yang
sudah ditentukan juga.
4.
Guru/dosen hanya menerima pertanyaan dari para siswa/mahasiswa ketika dia
sedang mengajar di kelas. Melalui media tatap muka langsung.
|
1.
Guru/dosen tidak selalu datang ke sekolah/kampus/ruang kelas untuk memberikan
materi pembelajaran. Karena dapat memberikan materi tersebut melalui media
internet, e-mail, blog, web site, hp, sms dan lain-lain.
2.
Meteri yang diberikan bervariasi seperti, modul bahan-bahan ajar yang di
kemas secara digital seperti pdf, ms.word, exel, powerpoint, video, suara,
posting pada (blog,web site dan media jejaring sosial).
3.
Guru/dosen dapat memberikan materi kapan saja dan di manapun mereka berada
sesuai kesepakan yang disetujui antara guru/dosen dengan siswa/mahasiswanya.
4.
Guru/dosen dapat menerima pertanyaan dari para siswa/mahasiswanya tanpa
dibatasi oleh waktu dan ruang. Dan menggunakan berbagai media yang ada seperti,
sms, telepon, e-mail, posting pada blog atau web site, melalui forum jejaring
sosia dan lain-lain.
|
Sisi Peserta
Didik
|
|
Tatap Muka
|
Pendidikan
Jarak Jauh
|
1. Siswa/mahasiswa
harus datang ke sekolah/kampus/ruang kelas untuk mendapatkan materi
pembelajaran dari guru/dosennya.
2. Materi
pembelajaran/modul yang diperoleh oleh siswa/mahasiswa berupa buku sumber,
kaset, dan cd.
3.
Waktu untuk siswa/mahasiswa belajar
dan mendapatkan materi pembelajaran di sekolah atau kampus sudah ditentukan
tempat dan waktunya. Dalam hal ini sudah terjadwal.
4.
Siswa/mahasiswa hanya dapat bertanya kepada guru/dosennya ketika beliau
sedang mengajar di kelas. Melalui media tatap muka langsung.
5.
Jumlah daya tampung siswa/mahasiswa per kelasnya terbatas.
|
1.
Siswa/mahasiswa tidak selalu datang ke sekolah/kampus/ruang kelas untuk mendapatkan
materi pembelajaran. Karena mereka dapat belajar di manapun dan kapan pun.
Tidak dibatasi oleh ruang dan waktu.
2.
Meteri pembelajaran yang diterima para siswa/mahasiswa bervariasi seperti,
modul bahan-bahan ajar yang di kemas secara digital seperti pdf, ms.word,
exel, powerpoint, video, lifestraeming, suara, posting pada (blog,web site
dan media jejaring sosial).
3.
Siswa/mahasiswa dapat belajar dan mendapatkan materi kapan pun dan di manapun
mereka berada sesuai kesepakan yang
disetujui antara guru/dosen dengan siswa/mahasiswanya. Dalam hal ini lebih
flexibel.
4.
Siswa/mahasiswa dapat bertanyan kepada guru/dosenya tanpa dibatasi oleh waktu
dan ruang dan sesuai dengan kesepakan yang disetujui. Dan menggunakan berbagai
media seperti, sms, telepon, e-mail, posting pada blog atau web site, melalui
forum jejaring sosia dan lain-lain.
5.
Jumlah daya tampung siswa/mahasiswa per kelasnya tidak terbatas selama
guru/dosen sanggup untuk meberikan pembelajaran kepada mereka.
|
Sisi Media
Pembelajaran
|
|
Tatap Muka
|
Pendidikan
Jarak Jauh
|
1. Media
pembelajaran yang diberikan berupa kaset, cd, buku sumber, dan tatap muka
langsung antara guru/dosen dengan para siswa/mahasiswanya di kelas.
2. Media
pembelajaran yang ada kurang menarik, tidak flexibel untuk mengaksesnya.
3.
Untuk dapat menyimpan informasi yang diperoleh, siswa/mahasiswa harus
mencatat informasi tersebut pada media kertas.
4.
Sumber referensi bagi siswa terpaku oleh buku sumber dan guru.
|
1.
Media pembelajaran yang digunakan
bervariasi seperti melaui modul bahan-bahan ajar yang di kemas secara digital
seperti pdf, ms.word, exel, powerpoint, video, lifestraeming, suara, posting
pada (blog,web site dan media jejaring sosial), tv, radio dan lain-lain.
2.
Meteri pembelajaran yang ada menyenangkan, bervariasi seperti video,
lifestraeming, suara, posting pada (blog,web site dan media jejaring sosial),
tv, radio dan lain-lain. Mendorong para siswa/mahasiswa untuk mengembangkan
dirinya sendiri
3.
Siswa/mahasiswa dapat menyimpan informasi yang diperolehnya dapat berupa,
pdf, ms.word, exel, powerpoint, di posting di blog, web site dan lain
sebagainya.
4.
Siswa/mahasiswa dapat meperoleh referensi dari berbagai sumber seperti dari
internet, blog, web site, forum diskusi online dan sebagainya.
|
Soal-2
Apa sajakah keriteria yang dibutuhkan dari sebuah
media pembelajaran agar dapat memenuhi kebutuhan proses belajar mengajar dalam PJJ
?
Menurut pandangan saya keriteria media pembelajaran
yang dapat memenuhi kebutuhan proses belajar mengajar dalam PJJ adalah media
pembelajran yang keriteria sebagai berikut :
1.
Dapat menghubungkan antara siswa/mahasiswa dengan guru/dosen di manapun mereka
berada tanpa dibatasi oleh ruang dan waktu.
2.
Media pembelajaran yang menyenangkan dan juga mendidik bagi para
siswa/mahasiswa.
3.
Memberikan semua informasi yang dibutuhkan oleh baik siswa/mahasiswa maupun
guru/dosen.
4.
Media pembelajaran yang mewadahi seluruh kebutuhan siswa/mahasiswanya.
5.
Media pembelajaran yang dapat membangun karakter siswa/mahasiswanyu untuk
bekerja mandiri, bertanggung jawab dengan dirinya sendiri.
Label:AdminPendidikan Jaraj Jauh
Subscribe to:
Post Comments
(Atom)
Total Pageviews
Search
Translate
Popular Posts
-
Pendidikan Jarak Jauh oleh Dody Faizal Priadana A. Pertanyaan 1. Sebutkan 5 generasi perkembangan PJJ dan jelaskanlah mo...
-
1. Membuat database dengan nama orang dan dilanjutkan membuat sebuah tabel. Fungsi untuk melihat hasil tabel yang telah dibuat menggunakan ...
-
Pendidikan Jarak Jauh oleh Dody Faizal Priadana A. Pertanyaan 1. Jelaskanlah bagan peran Tes Formatif dan Tes Sumatif dala...
-
TOPOLOGI JARINGAN Topologi jaringan adalah, hal yang menjelaskan hubungan geometris antara...
-
1. Tabel Friend Terdiri atas lima kolom (firstname, lastname, city, state, age) 2. Menampilkan umur seseorang dengan age = 23 tahun age &l...
0 komentar:
Post a Comment
Yes Please...