November 19, 2012

Tugas Topik 4 PJJ


Pendidikan Jarak Jauh
oleh
Dody Faizal Priadana


A. Pertanyaan
1.    Jelaskanlah bagan peran Tes Formatif dan Tes Sumatif dalam Pembelajar menurut Grolund !
2.    Jelaskanlah fungsi penilaian!
3.    Apa saja yang Anda ketahui tentang bentuk-bentuk tes sumatif pada PJJ ?


B. Jawaban
Nomor :
1. Penjelasan Bagan Tes Formatif dan Tes Sumatif menurut Grolund.
  1. Bagan Tes Formatif


Berdasarkan bagan di atas dapat dipahami sebagai berikut :
1.      Tes Formatif adalah sebuah evaluasi hasil belajar para peserta didik mengenai sebuah materi pembelajaran yang dilakukan setiap akhir bab atau unit pembelajaran. Tes ini bertujuan untuk memonitor proses pembelajaran yang berlangsung, apakah para peserta didik dapat memahami, mencerna, menguasai dan mengikuti materi pembelajaran yang diberikan. Selain itu metode ini juga digunakan untuk mengetahui apakah metode pengajaran yang diberikan oleh para pengajar sudah tepat sasaran atau belum sama sekali. Jadi memberikan penilai kedua belah pihak antara peserta didik dan para pengajar.
2.      Setelah dilakukan proses evaluasi dengan metode Formatif, maka di hasilkan berupa penilai dari para peserta didik yang berbentuk nilai. Dari nilai yang diperoleh para pengajar harus dengan bijak menentukan para peserta didik yang dinyatakan lulus atau memenuhi standar kompotensi yang digunakan  dengan yang belum memenuhi standar kompetensi. Bagi para peserta didik yang belum mencapai standar kompotensi yang ditetapkan, alangkah baiknya para pengajar dengan bijak memberikan ujian ulang dengan tipe soal yang berbeda dengan sebelumnya baik perkelompok atau perorangan. Setelah dilakukan remediasi, para pengajar melakukan evaluasi hasil belajar yang dilakukan dengan menggunakan metode Tes Diagnostik untuk mengetahui dimana letak kesalahan atau kekurangan dalam pengajaran dan mengetahui letak kesulitan pada peserta didik dalam mempelajari materi yang diberikan.
3.      Bagi para peserta didik yang memenuhi standar kompotensi, sebaik para pengajar harus memberikan penghargaan bagi mereka agar hasil kerja keras yang telah mereka lakukan merasa dihargai dan juga untuk memotivasi peserta didik yang lain. Dan juga memeberikan masukan kepada peserta didik yang memiliki kemampuan diatas rata-rata temannya untuk mau berbagi dan saling mengajarkan ilmu yang didapat kepada teman-temannya. Jika hal ini telah dilakukan proses pembelajaran dapat dilanjutkan kembali. 

  1. Bagan Tes Sumatif

Berdasarkan bagan di atas dapat dipahami sebagai berikut :
1.      Tes Sumatif adalah metode mengevaluasi hasil belajar para peserta didik dengan jangka waktu yang sudah ditentukan misalnya dalam enam bulan sekali atau selama setahun. Tes Sumatif pada perinsipnya sama dengan Tes Formatif, hanya saja waktu yang membedakan keduanya. Tes ini bertujuan untuk mengukur keberhasilan belajar dari proses pembelajaran yang berlangsung, apakah para peserta didik dapat mencapai tujuan pembelajaran yang sudah ditentukan oleh terkait dalam hal ini pihak pengajar, sekolah/universitas, dinas pendidikan dan pemerintah. Selain itu metode ini juga digunakan untuk mengukur tingkat keberhasilan dari kurikulum atau metode pendidikan yang sudah diterapkan kepada para peserta didik. Hasil pengukuran ini berupa status lulus atau tidaknya peserta didik dalam menempuh pendidikan yang sudah ditentukan.
2.      Setelah dilakukan Tes Sumatif maka dihasil dua nilai lulus atau tidak lulus. Ini adalah peristiwa yang sangat menakutkan bagi para peserta didik misalnya hasil UAN atau Tugas Akhir. Bagi para peserta didik yang mendapat predikat lulus, maka pihak sekolah/universitas dan pemerintah seharusnya memberikan penghargaan atau tanda kelulusan kepada para peserta didik tersebut karena telah berhasil menempuh jenjang pendidikan atau ujian yang sudah diselenggarakan agar memunculkan motivasi untuk mengembangkan ilmu yang sudah dimiliki. Sebaliknya bagi perserta didik yang tidak lulus, para pengajar, sekolah dan pemerintah seharusnya memberikan motivasi, perhatian dan jalan keluar bagi para peserta didik mengenai masalah yang dihadapai sehingga tidak mematahkan semanggat dan cita-cita dari para peserta didik tersebut.
3.      Selain untuk menggukur tikat keberhasil para peserta didiknya, Tes Sumatif juga digunakan untuk mengevaluasi apakah metode, kurikulum dan cara pengajaran yang telah dilakukan sudah benar sesuai yang direncanakan atau sangat jauh sekali dari rencana tersebut.

2. Fungsi penilaian

Menurut pandangan saya penilaian berfungsi untuk :
  1. Mengukur suatu keberhasilan dari motede, pembelajaran, dan kegiatan yang telah dilakukan.
  2. Dalam dunia pendidikan, penilaian berfungsi untuk mengukur; tingkat kemampuan para peserta didik, proses pengajaran yang dilakukan, mengevaluasi kinerja dari proses belajar-mengajar yang sedang berlangsung apakah sudah tepat sasaran atau belum, tingkat kelulusan para peserta didik, standarisari sistem pendidikan pada suatu daerah, provinsi, dan suatu negara.
  3. Dalam dunia kerja, penilaian berfungsi untuk meningkatkan etos kerja, standarisasi para pekerja, penempatan pekerja sesuai kemampuan yang dimilikinya, dan memingkatkan produktivitas dari suatu perusahaan.

3. Bentuk-bentuk tes sumatif pada PJJ
Seperti;
  1. Ujian Akhir Semester dari pembelajar yang sudah berlangsung dalam kurun waktu yang sudah ditentukan.
  2. Tugas Akhir berupa pembuatan suatu produk yang berkaitan dengan mata pelajaran yang sudah dipelajari. Baik secara perorangan atau perkelompok.
  3. Ujian Praktek di akhir tahun pembelajaran utuk mengukur pengusahaan materi pembelajaran bagi para peserta didik sebelum mereka terjun ke masyarakat.
  4. Tugas Mandiri pada setiap materi pembelajaran.

0 komentar:

Total Pageviews

Search

Translate

Popular Posts