November 19, 2012
Tugas Topik 5 PJJ
Pendidikan Jarak Jauh
oleh
Dody Faizal Priadana
A. Pertanyaan
1. Sebutkan 5 generasi perkembangan PJJ dan
jelaskanlah model pembelajaran masing !
2.
Ada 4 model pembelajaran dengan pemanfaatan TIK, sebutkanlah dan jelaskan
masing-masing !
B. Jawaban
Nomor :
1. Lima generasi
perkembangan PJJ dan jelaskanlah model pembelajaran masing.
Tabel 2 Perkembangan PJJ Sampai Awal Tahun 2000an
(Lanjutan)
Berdasarkan
tabel-tabel diatas dapat dipahami perkembangan PJJ di Indonesia sebagai
berikut.
- Generasi
Pertama yaitu Model korespondensi, pada generasi ini media yang digunakan berupa
bahan cetak (seperti buku, lembar kerja siswa, jurnal cetak, koran,
dsb.) menjadi bahan ajar dan media
pembelajaran bagi para peserta didik. Media cetak ini digunakan sebagai
sarana penyampaian infromasi dan sumber pembelajaran dari para pengajar ke
peserta didik. Sedangkan media komunikasi yang terjadi pada generasi ini,
antara peserta didik dengan para pengajar menggunakan proses tatap muka
langsung dan media surat-menyurat secara manual yang membutuhkan waktu
yang lama agar surat sampai pada tujuan.
§ Generasi pertama
dengan model korespondensi memiliki segi flexibilitas dalam proses belajar
siswa pada segmen waktu, tempat, kecepatan. Bahan ajar yang digunakan dirancang
secara sistematis oleh para ahli. Tetapi pada generasi ini memiliki kendala
pada interaksi bahan ajar dengan siswa, karena bahan ajar yang disediakan tidak
dapat mendorong siswa untuk aktif dalam belajar akibat berupa media cetak.
- Generasi
Kedua yaitu Model Multi Media, pada generasi ini merupa penyempurna dari
generasi sebelumnya dengan terdapat media pembelajaran tambahan berupa audio
tape, video Rekaman, Pembelajaran berbasis komputer, Video Interaktif
(VCD, DVD, dll ). Pada generasi ini antara peserta didik dengan para
pengajar tidak berkomunikasi secara langsung atau komunikasi terjadi
secara satu arah saja.
§ Generasi kedua
dengan model multi media memiliki segi flexibilitas dalam proses belajar siswa
pada semua bahan ajarnya dilihat dari sisi waktu, tempat, kecepatan. Bahan ajar
yang digunakan dirancang secara sistematis oleh para ahli. Tetapi pada generasi
ini memiliki kendala pada interaksi bahan ajar dengan siswa terutama pada
terutama pada media cetak, audio tape, dan video rekaman, karena pada bahan
ajar tersebut tidak dapat mendorong
siswa untuk aktif dalam belajar, siswa hanya sebagai pembaca, pendengar dan
penonton yang baik.
- Generasi
Ketiga yaitu Model Pembelajaran Jarak Jauh, pada generasi ini merupakan
penyempurnaan dari generasi sebelumnya. Pada generasi ini, proses
penyaluran media pembelajaran dari para pengajar ke peserta didik melalui
media; Telekonfrensi melalui audio, Konfrensi melalui video, dan Siaran
Televisi/Radio. Selain keunggulan yang dimiliki pada generasi ini, masih
ada juga kekurangan yang ada di dalamnya yaitu ketidak luasan dari segi :
·
waktu karena untuk
dapat melakukan komunikasi antara para pengajar dengan peserta didik melaui
media Telekonfrensi audio, Konfrensi melalui video, dan Siaran Televisi/Radio
itu membutuhkan penyamaan waktu atau sinkronisasi waktu antara para pengajar
dengan peserta didik. Jika hal ini tidak dilakukan maka materi pembelajaran
yang disampaikan tidak akan tepat sasaran dan tidak sampai pada sasaran yang
dituju dalam hal ini peserta didik;
·
tempat, selain waktu,
tempat juga sangat mempengaruhi. Sebab tidak semua lokasi di seluruh Indonesia
menerima siaran TV, Radio, dan Terjangkau oleh jalur komunikasi, maka para
peserta didik harus berada pada tempat-tempat yang terjangkau oleh media yang
mendukung sistem pembelajaran PJJ pada generasi ketiga ini; dan
·
kecepatan, waktu yang
dibutuhkan untuk penyampaian materi pembelajaran pada generasi ini cukup cepat
jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya tetapi memiliki kendala berupa
kecepatan dalam pemberian materi tidak secara flexibel karena harus menungu
waktu yang tepat untuk memberi dan menerima materi pembelajaran.
- Generasi
Keempat yaitu Model Pembelajaran Fleksibel, pada generasi ini sistem
pembelajaran yang diberikan sudah mengalami keluasan dalam pemanfaatannya
karena menggunakan media; Multimedia interaktif secara online, Akses
internet dan Komunikasi bermedia Komputer. Tetapi disamping keluasan media
tersebut masih ada kekurangan di dalamnya yaitu, komunikasi yang terjadi
antara peserta didik dengan para pengajar hanya satu arah tidak secara
real time (jika ada pertanya dari peserta didik, pertanyaan yang diajukan
tidak langsung dijawab oleh tutor atau pengajar yang bersangkutan).
- Generasi
Kelima yaitu Model E-Learning, pada generasi ini merupakan penyempurna
dari empat generasi sebelumnya dengan menggambungkan media-media (audio,
video, multimedia, media komunikasi, dll.) yang ada sebelumnya yang
terintegerasi dalam bentuk web site dengan memiliki menejemen database yang
terstruktur. Media yang digunakan pada generasi ini seperti, Web-based courses (multimedia terintegrasi), Komunikasi
yang dimediasikan komputer, dan media pembelajaran online yang
terintegrasi dengan menejemn pendidikan pada kampus yang bersangkutan. Keunggulan
pada generasi ini, menyediakan media komunikasi yang dua arah antara
peserta didik dengan para pengajar secara real time sehingga terjadi
komunikasi yang aktif dan berkesinambungan. Selain itu juga, kegiatan
pemeblajaran yang di lakukan dapat terdokumnatasi dan tertata dengan baik
akibat media pembelajaran yang diterapkan terintegrasi langsung dengan
sistem pemebalajaran pada kampus yang bersangkutan.
2. Ada 4 model pembelajaran dengan
pemanfaatan TIK, sebutkanlah dan jelaskan masing-masing.
Empat
model pembelajaran tersebut terdiri atas :
- Model
pembelajaran secara tradisional, pada pembelajaran ini hampir tidak
menggunakan media TIK sebagai sara untuk menyampaikan informasi kepada
para peserta didiknya. Pada model ini menitik beratkan pada penyampain
materi secara tatap muka langsung kepada para peserta didiknya. Jika
dinilai dalam persentasi pengguna media pembelajaran, model tatap muka
langsung menggunakan TIK/Jaringan Internet sebesar 0% atau tidak sama
sekali menggunakan media TIK dalam proses pembelajarannya.
- Model
pembelajaran yang berfasilitaskan TIK/Jaringan Internet, pada model
pembelajaran ini proses penyampaian informasi melalui tatap muka secara langsung
dilengkapi dengan menggunakan media pembelajaran yang berbasiskan
TIK/jaringan internet, walaupun demikian proses tatap muka tetap digunakan
pada kesempatan tertentu seperti pada awal pembelajaran sedangkan media
TIK sebagai pelengkap saja dalam proses belajar mengajar. Pembelajaran
yang disampaikan pada model ini difasilitasi
oleh media internet sebagai media untuk proses belajar mengajar, seperti
blog atau web site sebagai media untuk mempublikasikan materi yang sedang
dipelajari, dan e-mail sebagai media komunikasi antara pengajar dengan
peserta didik. Jika dinilai dalam persentasi pengguna media pembelajaran,
model berfasilitaskan TIK/Jaringan Internet menggunakan TIK/Jaringan
Internet sebesar 1-29% sisanya menggunakan media tatap muka langsung.
- Model
Pembelajaran Hybrid, pada model pembelajaran ini merupakan pemnggabungan
antara model pembelajaran tradisional dengan pembelajaran berfasilitasi
TIK/Jaringan Internet. Pada model ini TIK bukan lagi sebagai pelengkap
dari model pembelajaran tatap muka tetapi sebagai bagian dalam proses
belajar mengajar dan hampir sebagain proses belajar mengajar menggunakan
media TIK/Jaringan Internet. Media TIK yang digunakan adalah blog atau web
site untuk mempublikasikan materi pembelajaran, e-mail sebagai media untuk
komunikasi, dilengkapi dengan media diskusi online, dan perpustakaan
online. Walaupun demikian tatap muka tetap di lakukan pada situasi-situasi
tertentu. Jika dinilai dalam persentasi pengguna media pembelajaran, model
Hybrid menggunakan TIK/Jaringan Internet sebesar 30-79% sisanya
menggunakan media tatap muka langsung.
- Model
E-learning, pada model ini hampir semua kegiatan menggunakan media
pembelajaran secara online, baik dalam penyampain materi, komunikasi,
diskusi, dan evaluasi kegiatan belajar (ujian online). Jika dinilai dalam
persentasi pengguna media pembelajaran, model e-learning menggunakan
TIK/Jaringan Internet sebesar 80% lebih.
Label:AdminPendidikan Jaraj Jauh
Subscribe to:
Post Comments
(Atom)
Total Pageviews
Search
Translate
Popular Posts
-
Pendidikan Jarak Jauh oleh Dody Faizal Priadana A. Pertanyaan 1. Sebutkan 5 generasi perkembangan PJJ dan jelaskanlah mo...
-
1. Membuat database dengan nama orang dan dilanjutkan membuat sebuah tabel. Fungsi untuk melihat hasil tabel yang telah dibuat menggunakan ...
-
Pendidikan Jarak Jauh oleh Dody Faizal Priadana A. Pertanyaan 1. Jelaskanlah bagan peran Tes Formatif dan Tes Sumatif dala...
-
TOPOLOGI JARINGAN Topologi jaringan adalah, hal yang menjelaskan hubungan geometris antara...
-
1. Tabel Friend Terdiri atas lima kolom (firstname, lastname, city, state, age) 2. Menampilkan umur seseorang dengan age = 23 tahun age &l...
0 komentar:
Post a Comment
Yes Please...