November 21, 2012

UAS PJJ


Pendidikan Jarak Jauh
oleh
Dody Faizal Priadana


Soal 1
Menurut anda, mana yang lebih utama :
a. Pengadaan media pembelajaran TIK dalam pembelajaran atau
b. Peningkatan skill(Dosen/Guru) dalam pemanfaat media pembelajaran TIK


Jawab
Bedasarkan hasil pemahaman saya, dapat dipahami sebagai berikut :
-         kedua pilihan tersebut antara pengadaaan media pembelajaran dengan peningkatan skill pengajar merupakan komponen yang sangat penting pada PJJ. Keduanya saling keterkaiatan satu sama lain, Media pembelajaran TIK membutuhkan orang yang ahli dan paham untuk menggunakan media tersebut dan akan menjadi sia-sia jika media pembelajaran yang sudah dibangun dengan canggih menggunakan teknologi terbaru dan sedemikian rupa, tidak digunakan sama sekali atau digunakan oleh orang yang tidak paham atau tidak mengerti tentang media tersebut. Begitu juga dengan Kemampuan para pengajar dalam hal ini Dosen/Guru, saling berkaitan dengan media yang digunakan. Sepintar apapun seorang tenaga pengajar jika ia berada di tengah daerah terpelosok atau hutan belantara yang tidak tersentuh media komunikasi, tidak akan mudah untuk dia menyampaikan ilmu yang diperolehnya kepada peserta didik sedangkan media yang dibutuhkan oleh dia untuk mentransfer ilmunya tidak tersedia atau tidak ada. Jadi kedua poin tersebut sama-sama penting dan utama.



-         Saran saya sebaiknya kedua poin tersebut (pengadaan media pembelajaran TIK dan Peningkatan Skill (Dosen/Guru)) di bangun secara bersam-sama agar tujuan dari pendidikan dapat tercapai dan tepat sasaran. Walaupun dalam pengimplementasianya banyak mengalami hambatan dan rinatangan, sebab jika dibangun secara terpisah akan menjadi hal yang sia-sia mengenai apa yang telah kita kerjakan. Demikian.

Soal 2
Jelaskan apa saja yang menjadi faktor pendukung maupun kendala perkembangan PJJ di Indonesia.
Jawab:
Perkembangan PJJ di Indonesia
Faktor-faktor Pendukung
Kendala yang Ada
1.      Pemerintah memberikan perhatian khusu pada dunia pendidikan, terutama pada perkembangan pendidikan di Indonesia khususnya pada metode Pendidikan Jarak Jauh. Terbukti dengan di keluarkannya payung hukum Permendikbud No.24 Tahun 2012.
2.      Kemajuan teknologi yang semakin pesaat saat ini.
3.      Wilayah Indonesia yang terdiri atas pulau-pulau.
4.      Tujuan pemerintah untuk melakukan perluasan dan penyamarataan dalam meperoleh pendidikan bagi masyarakat Indonesia.
5.      Meingkatnya alokasi anggaran pendidikan yang menuntut semua pihak yang terlibat di dalamnya untuk mengembangkan pendidikan yang dapat diperoleh oleh semua lapisan masyarakat tanpa dibatasi oleh kapasitas daya tampun, suku bangsa, agama, ras dan lain-lain.
1.      Hanya sedikit para praktisi, para ahli, dan guru/dosen yang dapat mengajarkan dan menjalankan Sistem Pendidikan Jarak Jauh.
2.      Sara media yang digunakan pada Sistem Pendidikan Jarak Jauh masih terbatas dan bahkan belum ada sama sekali pada lembaga-lembaga tertentu.
3.      Proses sosialisasi yang dilakukan masih belum berjalan dan belum memberikan penjelasan secara jelas kepada masyarakat tentang sitem tersebut, sihingga hati masyarakat tidak tersentuh untuk mempelajarainya atau memahaminya.
4.      Membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mengimplementasikan sistem PJJ ini.
5.      Membutuhkan media pendukung yang tidak sedikit dan juga dengan biaya yang cukup mahal.
6.       


0 komentar:

Total Pageviews

Search

Translate

Popular Posts