November 19, 2012
Tugas Topik 2 PJJ
Pendidikan Jarak Jauh
oleh
Dody Faizal Priadana
A. Pertanyaan
1. Jelaskan tiga aspek utama dalam pembelajaran
di PJJ!
2. Jelaskan lima generasi pada tutorial jarak
jauh!
3. Secara umum, coba jelaskan perbedaan antara
Tatap Muka dan PJJ!
B. Jawaban
Nomor :
1. Tiga aspek
utama dalam pembelajaran PJJ :
- aktor
yang terlibat dalam PJJ, dalam hal ini adalah peserta
didik (siswa/mahasiswa) dan pengajar (guru/dosen/tutor). Aktor merupakan
salah satu komponen yang sangat penting dalam PJJ sebab semua metode yang
bagus, media dan fasilitas yang lengkap serta bahan ajar yang mencukupi
akan menjadi sia-sia jika tidak ada pelaku atau orang yang akan menerima
dan menggunakan sistem PJJ yang sudah dibangun;
- media
yang digunakan
adalah sarana yang digunakan untuk menjembatani antara peserta didik
dengan pengajar di dalamnya. Agar terjadi hubungan dan komunikasi secara aktif
dalam proses belajara-mengajar antara peserta didik dengan para pengajar
di dalamnya sehingga tujuan dari metode pendidikan yang sudah dibangun
dapat tepat sasaran dan sesuai dengan rencana yang diinginkan; dan
- bahan
ajar
merupakan merupakan salah satu hal yang penting juga dalam PJJ. Bahan ajar
yang dibuat setidaknya dapat memberikan informasi dan gambaran kepada
peserta didik mengenai mata pelajaran atau bidang studi yang telah mereka
ambil dan pelajari. Selain itu bahan ajar yang digunakan harus dapat
membuka wawasan yang luas bagi peserta didik, mendorong peserta didik
untuk mengembangkan ilmu yang diperolehnya, memenuhi kebutuhan perserta
didik akan mata pelajaran yang sedang dihadapai, mendorong peserta didik
untuk belajar mandiri dan bahan ajar yang digunakan bersifat menyenagkan
dan tidak membosankan.
2. Lima generasi
pada tutorial jarak jauh :
- Generasi
Pertama, Model korespondensi, pada generasi ini bahan cetak berupa bahan
cetak (seperti buku, jurnal cetak, koran, dsb.) menjadi bahan ajar dan media pembelajaran
bagi peserta didik. Sebagai sara penyampaian infromasi dan sumber
pembelajaran dari para pengajar ke peserta didik. Sedangkan media
komunikasi antara peserta didik dengan para pengajar menggunakan media
surat-menyurat secara manual yang membutuhkan waktu yang lama agar surat
sampai pada tujuan.
- Generasi
Kedua, Model Multi Media, pada generasi ini merupa penyempurna dari
generasi sebelumnya dengan terdapat media pembelajaran tambahan berupa kaset
, video Rekaman, Pembelajaran berbasis komputer, Video Interaktif (VCD,
DVD, dll ). Pada generasi ini antara peserta didik denga para pengajar
tidak berkomunikasi secara langsung atau komunikasi terjadi secara satu
arah saja.
- Generasi
Ketiga , Model Pembelajaran Jarak Jauh, pada generasi ini merupakan
penyempurnaan dari generasi sebelumnya. Pada generasi ini, dalam
penyaluran media pembelajaran dari para pengajar ke peserta didik melalui
media; Telekonfrensi melalui audio, Konfrensi melalui video, dan Siaran
Televisi/Radio. Selain keunggulan yang dimiliki pada generasi ini tetapi
masih ada kekurangan yang ada di dalamnya yaitu, ketidak luasan dari segi
:
·
waktu karena untuk
dapat melakukan komunikasi antara para pengajar dengan peserta didik melaui
media Telekonfrensi audio, Konfrensi melalui video, dan Siaran Televisi/Radio
itu membutuhkan penyamaan waktu atau sinkronisasi waktu antara para pengajar
dengan peserta didik. Jika hal ini tidak dilakukan maka materi pembelajaran
yang disampaikan tidak akan tepat sasaran dan tidak sampai pada sasaran yang
dituju dalam hal ini peserta didik;
·
tempat, selain waktu,
tempat juga sangat mempengaruhi. Sebab tidak semua lokasi di seluruh Indonesia
menerima siaran TV, Radio, dan Terjangkau oleh jalur komunikasi, maka para
peserta didik harus berada pada tempat-tempat yang terjangkau oleh media yang
mendukung sistem pembelajaran PJJ pada generasi ketiga ini; dan
·
kecepatan, waktu yang
dibutuhkan untuk penyampaian materi pembelajaran pada generasi ini cukup cepat
jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya tetapi memiliki kendala berupa
kecepatan dalam pemberian materi tidak secara flexibel karena harus menungu
waktu yang tepat untuk memberi dan menerima materi pembelajaran.
- Generasi
Keempat , Model Pembelajaran Fleksibel, pada generasi ini sistem
pembelajaran yang diberikan sudah mengalami keluasan dalam pemanfaatannya
karena menggunakan media; Multimedia interaktif, Akses internet dan Komunikasi
bermedia Komputer. Tetapi disamping keluasan media tersebut masih ada
kekurangan di dalamnya yaitu, komunikasi yang terjadi antara peserta didik
dengan para pengajar hanya satu arah tidak secara real time.
- Generasi
Kelima, Model E-Learning, pada generasi ini merupakan penyempurna dari
empat generasi sebelumnya dengan menggambungkan media-media (audio, video,
multimedia, media komunikasi, dll.) yang ada sebelumnya yang terintegerasi
dalam bentuk web site dengan memiliki menejemen database yang terstruktur.
Media yang digunakan pada generasi ini seperti, Web-based courses (multimedia terintegrasi) dan Komunikasi
yang dimediasikan komputer. Keunggulan pada generasi ini, menyediakan
media komunikasi yang dua arah antara peserta didik dengan para pengajar
secara real time sehingga terjadi komunikasi yang aktif dan
berkesinambungan.
3. Perbedaan
antara Metode Tatap Muka dan PJJ :
Sisi Pengajar
|
|
Tatap Muka
|
Pendidikan Jarak Jauh
|
1.
Guru/dosen harus datang ke sekolah/kampus/ruang kelas untuk memberikan materi
pembelajaran.
2.
Materi pembelajaran/modul yang diberikan oleh guru/dosen berupa media alat
cetak, kaset dan cd.
3. Waktu untuk mengajar/memberikan materi sudah
ditentukan dengan tempat yang sudah ditentukan juga.
4. Guru/dosen hanya menerima pertanyaan dari para
siswa/mahasiswa ketika dia sedang mengajar di kelas. Melalui media tatap muka
langsung.
|
1.
Guru/dosen tidak selalu datang ke sekolah/kampus/ruang kelas untuk memberikan
materi pembelajaran. Karena dapat memberikan materi tersebut melalui media
internet, e-mail, blog, web site, hp, sms dan lain-lain.
2.
Meteri yang diberikan bervariasi seperti, modul bahan-bahan ajar yang di
kemas secara digital seperti pdf, ms.word, exel, powerpoint, video, suara,
posting pada (blog,web site dan media jejaring sosial).
3.
Guru/dosen dapat memberikan materi kapan saja dan di manapun mereka berada
sesuai kesepakan yang disetujui antara guru/dosen dengan siswa/mahasiswanya.
4.
Guru/dosen dapat menerima pertanyaan dari para siswa/mahasiswanya tanpa dibatasi
oleh waktu dan ruang. Dan menggunakan berbagai media yang ada seperti, sms,
telepon, e-mail, posting pada blog atau web site, melalui forum jejaring
sosia dan lain-lain.
|
Sisi Peserta
Didik
|
|
Tatap Muka
|
Pendidikan Jarak Jauh
|
1.
Siswa/mahasiswa harus datang ke sekolah/kampus/ruang kelas untuk mendapatkan
materi pembelajaran dari guru/dosennya.
2.
Materi pembelajaran/modul yang diperoleh oleh siswa/mahasiswa berupa buku
sumber, kaset, dan cd.
3. Waktu untuk siswa/mahasiswa belajar dan mendapatkan materi pembelajaran
di sekolah atau kampus sudah ditentukan tempat dan waktunya. Dalam hal ini
sudah terjadwal.
4. Siswa/mahasiswa hanya dapat bertanya kepada
guru/dosennya ketika beliau sedang mengajar di kelas. Melalui media tatap
muka langsung.
5. Jumlah daya tampung siswa/mahasiswa per
kelasnya terbatas.
|
1.
Siswa/mahasiswa tidak selalu datang ke sekolah/kampus/ruang kelas untuk
mendapatkan materi pembelajaran. Karena mereka dapat belajar di manapun dan
kapan pun. Tidak dibatasi oleh ruang dan waktu.
2.
Meteri pembelajaran yang diterima para siswa/mahasiswa bervariasi seperti,
modul bahan-bahan ajar yang di kemas secara digital seperti pdf, ms.word,
exel, powerpoint, video, lifestraeming, suara, posting pada (blog,web site
dan media jejaring sosial).
3.
Siswa/mahasiswa dapat belajar dan mendapatkan materi kapan pun dan di manapun
mereka berada sesuai kesepakan yang
disetujui antara guru/dosen dengan siswa/mahasiswanya. Dalam hal ini lebih
flexibel.
4.
Siswa/mahasiswa dapat bertanyan kepada guru/dosenya tanpa dibatasi oleh waktu
dan ruang dan sesuai dengan kesepakan yang disetujui. Dan menggunakan
berbagai media seperti, sms, telepon, e-mail, posting pada blog atau web
site, melalui forum jejaring sosia dan lain-lain.
5.
Jumlah daya tampung siswa/mahasiswa per kelasnya tidak terbatas selama
guru/dosen sanggup untuk meberikan pembelajaran kepada mereka.
|
Sisi Media
Pembelajaran
|
|
Tatap Muka
|
Pendidikan Jarak Jauh
|
1.
Media pembelajaran yang diberikan berupa kaset, cd, buku sumber, dan tatap
muka langsung antara guru/dosen dengan para siswa/mahasiswanya di kelas.
2.
Media pembelajaran yang ada kurang menarik, tidak flexibel untuk
mengaksesnya.
3. Untuk dapat menyimpan informasi yang diperoleh,
siswa/mahasiswa harus mencatat informasi tersebut pada media kertas.
4. Sumber referensi bagi siswa terpaku oleh buku
sumber dan guru.
|
1.
Media pembelajaran yang digunakan
bervariasi seperti melaui modul bahan-bahan ajar yang di kemas secara digital
seperti pdf, ms.word, exel, powerpoint, video, lifestraeming, suara, posting
pada (blog,web site dan media jejaring sosial), tv, radio dan lain-lain.
2.
Meteri pembelajaran yang ada menyenangkan, bervariasi seperti video,
lifestraeming, suara, posting pada (blog,web site dan media jejaring sosial),
tv, radio dan lain-lain. Mendorong para siswa/mahasiswa untuk mengembangkan
dirinya sendiri
3.
Siswa/mahasiswa dapat menyimpan informasi yang diperolehnya dapat berupa,
pdf, ms.word, exel, powerpoint, di posting di blog, web site dan lain
sebagainya.
4.
Siswa/mahasiswa dapat meperoleh referensi dari berbagai sumber seperti dari
internet, blog, web site, forum diskusi online dan sebagainya.
|
Subscribe to:
Post Comments
(Atom)
Total Pageviews
Search
Translate
Popular Posts
-
Pendidikan Jarak Jauh oleh Dody Faizal Priadana A. Pertanyaan 1. Sebutkan 5 generasi perkembangan PJJ dan jelaskanlah mo...
-
1. Membuat database dengan nama orang dan dilanjutkan membuat sebuah tabel. Fungsi untuk melihat hasil tabel yang telah dibuat menggunakan ...
-
Pendidikan Jarak Jauh oleh Dody Faizal Priadana A. Pertanyaan 1. Jelaskanlah bagan peran Tes Formatif dan Tes Sumatif dala...
-
TOPOLOGI JARINGAN Topologi jaringan adalah, hal yang menjelaskan hubungan geometris antara...
-
1. Tabel Friend Terdiri atas lima kolom (firstname, lastname, city, state, age) 2. Menampilkan umur seseorang dengan age = 23 tahun age &l...
0 komentar:
Post a Comment
Yes Please...